Air TerjunDewata Destinasi

Air Terjun Tegenungan yang Instagramable di Gianyar

Pantai di Bali mungkin sudah terlalu sering buat kalian pencari suasana baru. Liburan kali ini kalian bisa mencoba mendatangi salah satu air terjun yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal maupun luar negeri, kebanyakan wisatawan asing sih yang pergi ke air terjun ini, yaitu air terjun Tegenungan.

Air terjun Tegenungan atau yang biasa dikenal dengan air terjun Blangsinga ini memiliki jarak yang tidak terlalu jauh jika dibandingkan dengan air terjun lain yang ada di Bali, terletak di desa Blangsinga kecamatan Sukawati, Gianyar.

Perjalanan dari bandara I Gusti Ngurah Rai memakan waktu kurang lebih dua jam. Kawasan air terjun tidak begitu macet, sehingga bisa ditempuh menggunakan mobil.

Air Terjun Tegenungan Blangsinga Sukawati Gianyar Bali - Dewata ID
Foto : Instagram/by_rida

Karena kepopulerannya, sehari-hari, air terjun Tegenungan Blangsinga cukup ramai dipadati oleh pengunjung, terutama pada hari libur.

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini yaitu pagi hari, atau sore hari sekaligus. Kenapa begitu? Pagi hari masih belum banyak orang yang kesana, udara masih segar, cahaya matahari tidak terlalu terik sehingga kalian akan mendapatkan hasil foto yang bagus. Sore hari, tidak terlalu panas jika dibandingkan siang hari.

Setelah dari pintu masuk air terjun Tegenungan Blangsinga, kalian harus menuruni anak tangga yang lumayan untuk berolah raga sekaligus, tangga buatan menggunakan besi sehingga mudah untuk dituruni, tapi kalian harus tetap berhati-hati terlebih jika tangga sedang basah.

Air Terjun Tegenungan Blangsinga Gianyar Bali - Dewata ID
Foto : Instagram/mohammedfarras

Harga tiket masuk air terjun Tegenungan Blangsinga sebesar Rp. 15.000. Air terjun ini bisa dibilang instagramable dibandingkan dengan air terjun lain yang ada di Bali. Meskipun kesan alamnya tidak terlalu maksimal karena sudah ada perombakan, tapi tetap kece loh. Kalian bisa berfoto menggunakan tulisan-tulisan lucu yang sudah dibuat oleh pengelola air terjun, atau bisa di sangkar burung ala-ala dan dekorasi love yang akan menambah keromantisan kalian jika kesini membawa pasangan.

Baca juga : Air Terjun Banyumala Twin yang Masih Tersembuyi

Saat ramai dan high season antrian foto cukup panjang jadi kalian harus sabar. Jangan lupa menggunakan outfit kece supaya foto kalian semakin keren.


Foto : Instagram/lina_supertramp

Tulisan Lucu Air Terjun Tegenungan Blangsinga Gianyar - Dewata ID
Foto : Instagram/davidharrison7733

Sebenarnya jika kalian ingin explore air terjun ini, di atas air terjun derdapat sungai yang cukup tenang airnya. Cukup berjalan beberapa meter dari air terjun kalian akan disuguhi oleh suasana air mengalir yang tenang, cocok untuk melakukan mediasi sambil menikmati alam sejenak dan me-resfresh fikiran setelah lelah bekerja.

Jika kalian ingin mandi dibawah air terjun Tegenungan Blangsinga bisa saja, jika aliran air tidak deras. Namun, tidak disarankan untuk terjun dari atas air karena sangat berbahaya. Air sungai akan lebih bersih jika aliran tidak terlalu deras, di musim hujan air berubah menjadi kecoklatan.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola air terjun pun sudah cukup lengkap seperti toilet, lahan parkir yang luas, akses menuju lokasi juga sangat bagus.

Ngomongin soal air terjun ini cocok untuk keluarga atau tidak, sebenarnya liburan ke air terjun Tegenungan Blangsinga bisa bersama keluarga tercinta tapi tidak untuk orang yang sudah lanjut usia. Anak-anak masih bisa bermain ditepi aliran air namun harus tetap dalam pengawasan orang dewasa.

Jadi, apakah kalian penasaran untuk mendatangi langsung air terjun Tegenungan ini? Masukkan ke daftar liburan kalian di Bali dan berangkat sekarang!

Lokasi air terjun Tegenungan – Blangsinga via Google Maps

Tags

Team Dewata

Dewata.id adalah media wisata yang berisi tentang informasi liburan di pulau Dewata, Bali.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close