Air TerjunDewata Destinasi

Suwat Waterfall, Air Terjun Sepi di Gianyar

Pusing dengan rutinitas sehari-hari? Yuk kita liburan ke tempat yang agak jauh tapi cukup worthy untuk me-refresh pikiran kalian. Tepatnya ke air terjun Suwat, atau yang biasa dikenal dengan Suwat Waterfall. Berada di desa Suwat berada di kabupaten Gianyar Bali, perjalanan menuju air terjun ini kurang lebih memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari bandara I Gusti Ngurah Rai.

Sebenarnya kalau dibilang jauh sih tidak juga, karena perjalanan kurang lebih hampir sama jika dibandingkan dengan lokasi wisata di Ubud, atau di tempat-tempat populer lain seperti danau Bratan, Jatiluwih, dan lain-lain. Saat liburan ke Bali kamu wajib banget menuju air terjun ini karena Suwat Waterfall bisa dibilang belum banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun mancanegara karena mungkin tidak sepopuler air terjun lain seperti Blangsinga, Banyumala, atau Gitgit waterfall.

Suwat Waterfall Air Terjun yang masih sepi di Gianyar Bali
Sumber : theworldtravelguy

Rute menuju lokasi cukup bagus, bisa menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Harga tiket masuk Suwat Waterfall sebesar Rp. 15.000,- untuk orang dewasa dan Rp. 10.000,- untuk anak-anak. Setelah pintu masuk, kamu harus berjalan menuju titik air terjun, tidak jauh dan hanya beberapa anak tangga saja, tapi jika tidak terbiasa, akan cukup melelahkan terutama saat kembali karena jalan akan menanjak. Jalan setapak sudah cukup rapi dan aman, jalan beton sehingga resiko tergelincir sangat kecil.

Suwat Waterfall memiliki keindahan tersendiri, keunikannya bisa dibilang berbeda dengan air terjun lain yang ada di Bali. Seperti cekungan kemudian air terjun ini cukup rapih sehingga sangat indah jika dilihat langsung, memiliki air yang tidak begitu tinggi sehingga tidak begitu deras, terdengar sangat tenang dan memanjakan telinga, secara tidak sadar air terjun Suwat dapat menerapi kita dengan suasana yang tenang tersebut.

Keunikan dan daya tarik lain dari Suwat Waterfall yang dapat menarik turis lokal maupun mancanegara ingin datang kesini yaitu dibawah air terjun terdapat genangan air yang cukup luas dan dalam, sehingga seperti kolam natural yang bisa dijadikan tempat untuk berenang, kamu juga bisa terjun dari atas batu dibawah air terjun untuk melepaskan semua beban saat berteriak ke dalam air.

Lokasi Harga Tiket Suwat Air Terjun Gianyar Bali
Sumber : Instagram/imtria1991

Meskipun genangan sungai tidak deras, tenang, dan tidak begitu berbahaya untuk berenang, kamu tetap harus berhati-hati, keselamatan menjadi hal utama saat berlibur. Jadi, pastikan kamu membawa baju dan celana ganti karena rugi banget kalau tidak berenang disini.

Jam terbaik untuk mengunjungi Suwat Waterfall bisa dari pagi hingga sore hari, karena banyak pepohonan diatas air terjun, disini tidak panas walaupun siang hari. Tapi mungkin disiang hari, terutama saat akhir pekan, mungkin akan ada banyak pengunjung lain sehingga akan antri saat ingin berfoto disana. Pastikan kamu datang lebih dulu dari wisatawan lain, ya!

Overall, Suwat Waterfall sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, masukkan ke dalam daftar liburan kalian saat ke Bali, dijamin tidak menyesal melihat keindahan air terjun yang masih tersembunyi di kawasan Gianyar satu ini. Lokasinya cukup aman untuk semua umur, so tunggu apalagi, yuk liburan ke Bali!

Lokasi Suwat Waterfall Gianyar via Google Maps :

Tags

Team Dewata

Dewata.id adalah media wisata yang berisi tentang informasi liburan di pulau Dewata, Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close