Rekomendasi

Tips Liburan ke Bali Saat Hari Raya Nyepi

Nyepi adalah hari raya umat Hindu Bali yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali, menurut kalender Saka, Nyepi dimulai sejak tahun 78 masehi. Di hari ini, seluruh pulau Bali tidak ada kegiatan atau aktivitas sama sekali, semuanya tutup termasuk tempat dan pelayanan umum seperti bandara, namun tidak untuk rumah sakit.

Lalu, bagaimana jika kalian liburan ke Bali saat hari raya nyepi? Jangan khawatir. Pada artikel kali ini Dewata ID ingin berbagi tips buat kalian yang akan atau sedang liburan ke Bali bertepatan dengan hari raya Nyepi.

Tips Liburan ke Bali Saat Hari Raya Nyepi Hindu
Photo by : Unsplash/belart84

Menghormati Budaya Lokal Bali

Warga Bali sangat memiliki toleransi yang tinggi terhadap pendatang, maupun orang yang memiliki kepercayaan lain selain Hindu. Pada hari raya Nyepi, dalam satu hari tidak ada aktivitas sama sekali, jika kalian datang ke Bali pada saat hari raya Nyepi, usahakan untuk tidak membuat kebisingan karena akan mengganggu.

Seluruh lampu harus dimatikan dan tidak boleh keluar dari tempat kalian tinggal selama Nyepi berlangsung. Usahakan untuk tidak mengeluarkan cahaya dari kamar tidur, lapisi jendela dengan kain atau penutup jika memang kalian membutuhkan penerangan.

Stock Makanan & Minuman Saat Nyepi

Karena tidak ada satupun tempat makan yang buka pada saat Nyepi, usahakan menyediakan makanan dan minuman sebelum hari raya, supaya kalian bisa tetap berada di kamar tanpa harus merasa kelaparan atau kehausan.

Usahakan stock kalian mencukupi untuk satu hari makan. Lebih baik membeli makanan yang siap untuk dimakan supaya kalian tidak perlu repot-repot masak dan mengeluarkan suara dari dapur.

Menyiapkan Hiburan Pribadi

Ingin menghilangkan kejenuhan saat hari raya Nyepi, kalian bisa menyiapkan hiburan pribadi seperti film-film yang ingin kalian tonton, atau menyiapkan permainan untuk dimainkan bersama teman-teman.

Satu hari diam di hotel atau penginapan dipastikan kalian akan bosan, so jangan lupa untuk menyiapkan banyak hiburan supaya bisa mengusir rasa bosan kalian.

Pemesanan Tiket Pesawat H-1 atau H+1

Liburan ke Bali saat hari raya Nyepi memiliki kesan tersendiri, kalian bisa ikut merasakan vibes Bali dengan tenang dan merasakan apa yang warga Bali rasakan.

Namun, jika kalian ingin ikut merasakan bagaimana suasana Bali saat Nyepi, kalian bisa datang sebelum hari H. Karena jika kalian datang pada saat Nyepi, sudah dipastikan tidak bisa check-in atau check-out dari Bandara.

Pergi dari Bali pun harus H+1 setelah hari raya Nyepi berlangsung bandara akan beroperasi seperti biasanya.

Tanyakan Fasilitas & Pelayanan Hotel

Pastikan lagi pelayanan apa yang akan kalian dapatkan dari tempat kalian menginap saat hari raya Nyepi. Apakah karyawan hotel akan tetap melayani atau tidak, termasuk masih tetap mendapatkan sarapan atau makan.

Untuk memastikan kalian masih bisa menggunakan fasilitas hotel saat Nyepi, tanyakan terlebih dahulu sebelum memesan kamar.

Persiapkan Obat-Obatan

Mempersiapkan pengobatan tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga, meskipun rumah sakit tetap buka, namun akses menuju rumah sakit ditutup sehingga lebih baik kalian mempersiapkan sendiri obat untuk penyakit ringan seperti mual, pusing, dan masuk angin.

* * *

Liburan ke Bali saat hari raya nyepi masih bisa menyenangkan kok, justru kalian akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan karena kalian bisa merasakan sendiri budaya Bali yang tidak bisa kalian dapatkan di tempat lain.

Jika kalian ada tips lain, jangan lupa untuk menambahkan di kolom komentar di bawah. Selamat liburan!

Tags

Team Dewata

Dewata.id adalah media wisata yang berisi tentang informasi liburan di pulau Dewata, Bali.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close